Artikel Terpopuler

Keripik Bukan Sembarang Keripik! Berikut Keripik Pisang Khas Desa Gandamekar

Purwakarta - Desa Gandamekar tidak habis cerita seputar keunikannya. Daerah yang sebagian besar warga nya merupakan petani ini memiliki pesonya kuliner sendiri. Salah satu yang menarik adalah olahan keripik pisang dari Pak Oding warga Desa Gandamekar yang juga merupakan ketua RT setempat. Keripik produksi Pak Oding tersebut merupakan salah satu produk andalan yang telah dijual ke seluruh wilayah Purwakarta bahkan sampai ke ibu kota. Dengan bahan pisang yang fresh dan langsung diolah menjadi camilan yang sehat tanpa pengawet buatan, keripik ini memiliki citarasa tersendiri dengan pilihan rasa original dan manis. Menurut pengakuan Bapak Oding selaku pemilik usaha keripik tersebut, usahanya telah terdaftar BPOM sehingga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Praja IPDN berkesempatan untuk mengunjungi tempat produksi Pak Oding yang bertempat di rumah beliau. Tujuan praja IPDN datang adalah untuk membantu memasarkan produk tersebut melalui Webdesaku guna mendorong digitalisasi penjualan UMKM dalam rangka kegiatan Bhakti Karya Praja. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan UMKM dapat mendapatkan lebih banyak konsumen dan menaikkan keuntungan sehingga meningkatkan pendapatan.

Luar Biasa! Pemerintah Desa Gandamekar Perhatikan Lansia dengan Bagikan Bantuan Langsung Tunai

Purwakarta - Pagi ini (9/9) telah dilaksanakan pembagian bantuan langsung tunai bagi masyarakat di Desa Gandamekar. Sebanyak 59 orang warga menjadi sasaran penerima bantuan ini. Seluruh penerima bantuan merupakan warga dengan kategori lanjut usia. Dalam satu tahun masyarakat Desa Gandamekar mendapatkan bantuan langsung tunai yang dibagikan dalam 4 tahap. Pembagian bagian langsung tunai dibagikan setiap 3 bulan sekali dengan prioritas masyarakat dengan usia 70 tahun keatas serta masyarakat penyandang disabilitas. Bantuan langsung tunai yang dibagikan kepada masyarakat merupakan alokasi anggaran dari dana desa.  Masyarakat tampak antusias saat menghadiri pembagian BLT pagi ini di balai desa Gandamekar. Walaupun pagi ini terpantau lokasi pembagian dipadati warga yang akan menerima bantuan, namun ada beberapa warga yang tidak hadir di tempat karena alasan tertentu. Bagi warga yang tidak datang bantuan akan diserahkan langsung ke rumah yang bersangkutan, dalam pembagian tersebut praja IPDN berkesempatan untuk membantu mengantarkan BLT kepada warga yang tidak dapat hadir ditempat.

Praja IPDN Kunjungi Pembuatan Kerajinan Gerabah Desa Gandamekar

Purwakarta - Dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan gerabah terbaik di tanah air, Kabupaten Purwakarta hasilkan banyak produk menarik. Salah satu penghasil kerajinan gerabah di Purwakarta adalah Kecamatan Plered. Mulai dari guci, vas bunga, pot, hingga kuali merupakan hasil kerajinan tangan dari masyarakat di Kecamatan Plered.  Salah satu pengerajin gerabah di Kecamatan Plered, tepatnya di Desa Gandamekar adalah Pak Dadang. Beliau sudah 3 tahun menggeluti usaha kerajinan gerabah yang didirikannya sendiri di sepetak lahan miliknya. Berbekal kemampuan dan keterampilan yang didapatkan dari pekerjaan lamanya, Pak Dadang akhirnya memilih untuk memulai sendiri bisnis kecil-kecilan nya untuk menghidupi keluarga. Hasil kerajinan gerabah yang dibuat Pak Dadang nantinya akan dijual kepada pihak kedua untuk dilakukan proses pembakaran serta finishing sebelum akhirnya siap dipasarkan. Praja IPDN pagi ini (8/9) berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan gerabah Pak Dadang. Pak Dadang menyampaikan bahwa perhatian anak muda akan kerajinan gerabah perlu ditingkatkan karena menurut beliau saat ini sudah sangat jarang anak muda yang mau mempelajari dan menggeluti usaha kerajinan gerabah tersebut. Meskipun telah lama menggeluti bisnis ini, namun beliau masih kesulitan untuk mengambangkan bisnisnya. Perhatian pemerintah akan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah juga sangat dibutuhkan mengingat masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan bantuan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Dorong Digitalisasi Desa Gandamekar 8 Praja IPDN Siap Sukseskan Program WEBDESAKU

Kabupaten Purwakarta - Dalam rangka digitalisasi desa, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bekerjasama dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri dengan mengirimkan 1.090 praja ke seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta untuk membantu mengembangkan potensi UMKM Desa, wisata desa, dan informasi profil desa melalui program digitasilasi desa yang di jalankan oleh Dinas Kominfo bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.  Salah satu desa di Kecamatan Plered yaitu Desa Gandamekar kedatangan 6 Praja Putra dan 2 Praja Putri tingkat empat atau yang biasa disebut dengan Praja Utama yang siap membantu menyukseskan program digitalisasi desa melalui WEBDESAKU. Kepala Desa Gandamekar beserta  perangkat desa menyambut dengan baik kedatangan para praja IPDN yang akan berada di Desa Gandamekar selama kurang lebih 14 hari. Kedatangan praja IPDN ini yaitu dalam rangka pengabdian mayarakat serta bentuk pengimplementasian pengetahuan yang mereka dapat selama pendidikan yang dirangkaian dalam kegiatan Bhakti Karya Praja.  "Kami harap para praja bisa memberikan masukan dan saran serta bertukar ilmu dengan kami selama kegiatan BKP ini" ucap Bapak Helmi Abdul Aziz selaku Sekretaris Desa Gandamekar dalam acara penerimaan Praja IPDN di balai Desa Gandamekar pada pagi ini (6/9/23). Penerimaan ini diakhiri dengan pengenalan wilayah kepada para praja oleh staf desa sehingga dalam pelaksanaan Bhakti Karya Praja harapannya praja mampu memaksimalkan potensi yang ada di seluruh wilayah desa.