Praja IPDN Kunjungi Pembuatan Kerajinan Gerabah Desa Gandamekar

Praja IPDN Kunjungi Pembuatan Kerajinan Gerabah Desa Gandamekar

Purwakarta - Dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan gerabah terbaik di tanah air, Kabupaten Purwakarta hasilkan banyak produk menarik. Salah satu penghasil kerajinan gerabah di Purwakarta adalah Kecamatan Plered. Mulai dari guci, vas bunga, pot, hingga kuali merupakan hasil kerajinan tangan dari masyarakat di Kecamatan Plered. 

Salah satu pengerajin gerabah di Kecamatan Plered, tepatnya di Desa Gandamekar adalah Pak Dadang. Beliau sudah 3 tahun menggeluti usaha kerajinan gerabah yang didirikannya sendiri di sepetak lahan miliknya. Berbekal kemampuan dan keterampilan yang didapatkan dari pekerjaan lamanya, Pak Dadang akhirnya memilih untuk memulai sendiri bisnis kecil-kecilan nya untuk menghidupi keluarga. Hasil kerajinan gerabah yang dibuat Pak Dadang nantinya akan dijual kepada pihak kedua untuk dilakukan proses pembakaran serta finishing sebelum akhirnya siap dipasarkan.

Praja IPDN pagi ini (8/9) berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan gerabah Pak Dadang. Pak Dadang menyampaikan bahwa perhatian anak muda akan kerajinan gerabah perlu ditingkatkan karena menurut beliau saat ini sudah sangat jarang anak muda yang mau mempelajari dan menggeluti usaha kerajinan gerabah tersebut. Meskipun telah lama menggeluti bisnis ini, namun beliau masih kesulitan untuk mengambangkan bisnisnya. Perhatian pemerintah akan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah juga sangat dibutuhkan mengingat masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan bantuan modal usaha untuk mengembangkan bisnis, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler