Kemarau Sebabkan Hasil Panen Menurun! Desa Gandamekar Alami Kekeringan

Kemarau Sebabkan Hasil Panen Menurun! Desa Gandamekar Alami Kekeringan

Purwakarta - Desa Gandamekar merupakan salah satu desa di Kabupaten Purwakarta yang warganya rata rata berprofesi sebagai petani. Tidak heran jika banyak warganya yang menggantungkan hidupnya dari pertanian mengingat luas lahan pertanian di Desa Gandamekar kurang lebih seluas 79.92 Ha. Dari seluruh lahan pertanian di Desa Gandamekar sebagian besar digunakan untuk menanam padi.

Desa Gandamekar memang merupakan salah satu daerah penghasil beras di Kabupaten Purwakarta. Dalam satu tahun masyarakat bisa melaksanakan 3 kali panen. Hal ini disebabkan kebiasaan masyarakat yang selalu menanam padi sepanjang tahun. Namun panen padi bulan September ini mengalami penurunan jika dibanding panen sebelumnya.

Kemarau panjang yang sudah berlangsung hampir 2 bulan lamanya membuat masyarakat kesulitan air. Menurut penuturan warga sudah 3 minggu Desa Gandamekar mengalami kekeringan dan kesulitan air terutama untuk pengairan lahan pertanian akibat kemarau. Pemerintah Desa Gandamekar sudah berupaya menghubungi BPBD Kabupaten Purwakarta untuk meminta bantuan air namun masih belum ada tindak lanjut. Menurut Sekretaris Desa Gandamekar, pihaknya akan terus menghubungi BPBD agar bisa mendapatkan bantuan air untuk membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air akibat kekeringan dan juga guna membantu pengairan lahan pertanian.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler